[App] Belajar Konsep Logika Pemrograman dari Aplikasi Lightbot: Code Hour

Nama: Lightbot: Code Hour
Versi: 1.1.6
Ukuran: 18, 68MB
Last update: 1 Desember 2016
Developer: Lightbot

Adakah adik-adik yang bercita-cita ingin menjadi seorang programmer? Atau mungkin para orang tua yang ingin mengarahkan anaknya untuk menyukai sesuatu yang berkaitan dengan coding? Kalau iya, mari kita berkenalan dengan aplikasi Lightbot: Code Hour!

Memang sih, pada aplikasi Lightbot: Code Hour ini kita tidak langsung main coding bahasa pemrograman tertentu, melainkan belajar logikanya melalui teka-teki. Meskipun target penggunaanya adalah anak kecil, tapi bukan berarti orang dewasa gak boleh main loh, ya. Takut ada yang baper. Hihi.

Dalam aplikasi Lightbot: Code Hour terdapat 20 level yang dibagi menjadi 3 bagian, yakni Basic, Procedure, dan Loop. Tenang, jangan takut gak tau cara memainkannya karena sudah ada instruksi sebelum permainan dimulai. Goal dari permainannya adalah pengguna bisa menyalakan lantai biru dengan sekali jalan. Ya, kita semacam ngasih instruksi untuk robot, bagaimana agar lantai biru tersebut berubah menjadi kuning.

Di bagian Basic, perintah yang ditujukan untuk robot masih standarlah, maju, loncat, balik kanan/kiri. Memasuki Procedure, di sini sudah meningkatkan daya pikir atau logika dari pengguna. Terdapat 2 slot, yakni PROC1 dan Main. Perintah utama untuk robot ditempatkan di PROC1, sedangkan Main hanya memanggil. Nah, pemanggilan PROC1 (atau yang disingkat dengan P1) ini bisa lebih dari sekali.

Pada level 4 di bagian Procedure, slot yang disediakan ditambah lagi menjadi 3. Jadi, perintah utama di PROC2/P2, kemudian dipanggil dalam PROC1/P1. Dan terakhir, sama seperti yang dibahas paragraf sebelumnya, slot Main memanggil P1. Agar punya gambaran bagaimana proses robot menyalakan semua lantai biru dalam sekali jalan, mari aku tunjukkan pada gambar di bawah ini.
aplikasi, lightbot, code hour, app, games
Procedure: level 6

Terakhir, bagian Loop. Kalau diartikan, loop adalah pengulangan. Pada pemrograman hal ini berguna untuk melakukan perintah yang sama sebanyak yang diinginkan oleh programmer. Tentunya bukan dengan mengetikkan perintah tersebut sebanyak beberapa kali, melainkan hanya dengan melakukan pemanggilan ulang.

Kalau di aplikasi Lightbot: Code Hour, pengguna bisa menginstruksikan procedure untuk memanggil dirinya sendiri kalau perintah yang diberikan sama. Aku kasih contoh level terakhir deh. Hayo, adik-adik, sudah sampai pada level ini juga kah? :P
aplikasi, lightbot, code hour, app, games
Loop: level 6

Catatan mengenai aplikasi Lightbot: Code Hour:
  • Level yang free hanya 20, sedangkan jumlah keseluruhan berdasarkan dari deskripsinya adalah 50. Bagi yang ketagihan ingin belajar logika pemrograman dari game Lightbot: Code Hour ini, silahkan download yang bebayar. Note, aku hanya memainkan yang versi gratis. :p
  • Tidak ada iklan dalam aplikasi (mungkin karena target penggunanya adalah anak kecil usia sekitar atau di bawah 12 tahun).
  • Setelah menyelesaikan semua level, pengguna akan diarahkan pada game Sprite Box. Inti dari permainannya sih sama, masih berkaitan dengan logika pemrograman. Cuma, interface-nya lebih menarik dan kesulitannya juga meningkat. Perintah dalam game Sprite Box sudah terlihat seperti coding beneran.

FYI, aku sudah menyelesaikan game Sprite Box. Sekarang tinggal gimana memaksa diri untuk segera membuat review-nya. >_<

Dan baiklah. Sudah saatnya aku mengakhiri review tentang aplikasi Lightbot: Code Hour yang mengajarkan konsep logika pemrograman ini. Semoga bermanfaat!

1 comment:

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.