[App] Aplikasi Belajar Hangul untuk Pemula

Aplikasi Belajar Hangul untuk Pemula

Nama App: Belajar Bahasa Korea Anak
Versi: 2.0
Size: 5.08 MB
Diperbaruhi pada: 10 Juli 2015
Developer: SENJA  INC

***
Bagi Korean lover, tentu terbesit keinginan untuk bisa mengerti apa yang dibicarakan oleh sang idola. Dan mengerti percakaoan berarti mengharuskan untuk belajar bahasa Korea itu sendiri. Namun, ada beberapa mungkin yang merasa kesusahan. Karena tidak seperti belajar bahasa lainnya, yang mana huruf yang digunakan sama dengan apa yang kita tahu. Misal, bahasa inggris. Kalau pun terdapat perdeaan, antara bahasa ibu (aka Indonesia) dengan bahasa inggris, itu kan tak lebih dari pengucapan saja.

Nah, sedangkan pada bahasa Korea, terdapat karakter atau huruf tersendiri yang kita kenal dengan 한글/han-geul. Jadi, untuk bisa berbahasa Korea, mau tak mau kita harus bisa membaca huruf hangul. Ehm, adakah di antara kalian yang saat ini sedang atau dalam masa mempelajarinya?

Sebenarnya banyak media yang bisa kita jadikan rujukan untuk belajar. Contohnya buku, video youtube, belajar online dari sebuah website, atau melalui aplikasi di play store. Dan khusus media yang disebutkan terakhir, postingan ini akan membahas salah satu aplikasi yang ada di sana.

Note: Aplikasi yang akan dibahas yaitu “Belajar Bahasa Korea Anak.” Dari namanya kita tahulah siapa target user-nya. Ya, aplikasi ini diperuntukkan untuk anak kecil dalam pengenalan dasar bahasa Korea. Etapi, bukan berarti orang dewasa gak boleh pakai, lho. Yang namanya orang baru belajar bahasa baru, bukankah lebih mudah mengambil pelajaran yang dikhususkan untuk anak kecil?

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Anak cocok bagi pemula yang masih mau berkenalan dengan huruf hangul. Selain itu, terdapat juga pengenalan angka 1 sampai 10. Konsep dari aplikasi ini yaitu membaca dan menulis.
Aplikasi Belajar Bahasa Korea Anak
Tampilan awal aplikasi

Pada menu “Membaca” user bisa menirukan suara yang keluar untuk bunyi suatu huruf atau angka. Khusus untuk huruf, terdapat juga contoh dari sesuatu yang berupa hewan, barang, atau buah dari setiap huruf. 
Aplikasi Belajar Bahasa Korea Anak - Membaca huruf
Membaca huruf

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Anak - Membaca angka
Membaca angka

Sedangkan pada menu “Menulis” user berlatih menuliskan huruf/angka dengan panduan step by step.
Aplikasi Belajar Bahasa Korea Anak - Menulis huruf
Menulis huruf

Aplikasi Belajar Bahasa Korea Anak - Menulis angka
Menulis angka

Tuntas sudah pembahasan aplikasi belajar hangul untuk pemula dengan menggunakan app Belajar Bahasa Korea Anak. Berikut beberapa catatan tentang aplikasinya:
  • Aplikasi ini cocok untuk pemula yang masih belum tahu menahu tentang huruf hangul.
  • Tidak ada pembahasan mengenai yang mana huruf konsonan dan mana yang vokal.
  • Just informasi, Korea menggunakan 2 jenis angka, yaitu sino Korean number dan native Korean number. Nah, dalam aplikasi ini, angka yang dipelajari adalah sino Korean number. (Baca juga: Belajar Mengenal Angka Sino Korea).
  • Mengingat target sebenarnya adalah anak kecil, menurutku aplikasinya kurang semarak karena tidak ada backsound. Jika aku memposisikan sebagai user kanak-kanak, tentu hal ini sedikit membosankan.
  • Audio pengucapannya menggunakan bahasa Korea untuk huruf beserta contohnya. Sedangkan untuk angka, menggunakan bahasa Korea dan Inggris.

***

Gimana, tertarik untuk menggunakannya? Just download on play store! :P



5 comments:

  1. Baru tahu ada aplikasi belajar hangul. Tapi kalau saya mah hanya sekadar tahu yang umum (versi nulis indonesia) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mau nyoba, Mbak, biar gak hanya tau yang umum, hehe

      Delete
  2. baru tau ada aplikasi edukasi kayak gini. makasih ya infonyaa.

    ReplyDelete
  3. Pecinta drama korea wajib baca tulisan ini mba. Hiihii. Korea skarang jadi alternatif negara tujuan wisata ya mba. Apalagi stelah ada drama korea itu :)

    ReplyDelete
  4. Min jadi yg didwload di app store apa namanya min

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.