[App] Mudahnya Belajar Berhitung dengan Aplikasi Math Step by Step

Mudahnya Belajar Berhitung dengan Aplikasi Math Step by Step
Nama App: Math Step by Step 
Versi: 2.0
Size: 2.04 MB
Developer: Digital D, LLC
Diperbarui pada: 30 Jun 2016

Masih ingat bagaimana kalian belajar pembagian dulu ketika masih SD? Kalau aku sih, ingatnya tong songot (bahasa Madura yang artinya satu kumis). Aku tidak tau asal muasal nama pembagian dengan menggunakan tong songot. Mau dibilang mirip kumis, kayaknya nggak tuh. Ah, berasa lucu jika diingat saat ini. Hehe. Untuk penampakan seperti apa perhitungan tong songot, silahkan dilanjutkan baca sampai akhir, ya. :p

Gimana, apa kalian juga sama belajar seperti itu? Kalau di tempat kalian dinamakan apa? *kepo*

Waktu zamanku masih SD, penggunaan teknologi tidak seperti sekarang. Jadi, suatu hal yang wajar kalau belajarnya secara manual. Maksudku dengan menggunakan alat tulis dan kertas untuk corat-coret. Kalaulah ada teknologi dalam mendukung proses belajar matematika, itu hanya kalkulator. Etapi, sangat tidak disarankan untuk anak yang masih awal belajar perhitungan. Karena jika menggunakan kalkulator, berarti langsung menemukan jawaban tanpa tahu bagaimana prosesnya.

Lalu, bagaimana dengan sekarang? Apa rumus matematikanya berubah? *pertanyaan iseng* Semakin maju teknologinya, berarti semakin mudah dong, ya? Coba lihat saja di play store, ada beragam jenis aplikasi matematika. Dan salah satunya neh, yang mau aku bahas sekarang, yaitu Math Step by Step. Aplikasi ini akan membimbing para user dalam belajar perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Aplikasi Math Step by Step ini benar-benar membimbing user dari awal. Caranya, user hanya memilih satu dari 3 pilihan angka di bagian bawah yang merupakan jawaban dari setiap proses. Bagi yang masih awal belajar dan merasa belum mampu mengerjakan soal yang ada, tinggal klik aja pengaturan (yang berupa tiga garis horizontal) di bagian kiri atas. Kemudian ganti Multiple Choise dengan  Back|Forward
Pengaturan Aplikasi Belajar Berhitung Math Step by Step

Selain itu, kalian juga bisa mengatur tingkat kesulitan soal mulai diari Easy, Medium, dan Hard. 

  • Easy: mengoperasikan bilangan puluhan dan angka 1-9. Berlaku untuk semua perhitungan (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian).
  • Medium: mengoperasikan angka ribuan dan ratusan untuk pernjumlahan dan pengurangan. Sedangkan angka ratusan dan puluhan untuk perhitungan perkalian dan pembagian.
  • Hard: penjumlahan serta pengurangannya mengoperasikan bilangan ratusan ribu dan puluhan ribu. Sedangkan perkalian dan pembagian menyediakan soal antara angka ribuan dan ratusan.


Sertinya, operasi penjumalahan dan penguranganya tidak perlu contoh, ya. Jadi, kita langsung pada perkalian saja. Dalam hal ini ada beberapa cara, tinggal dipilih mana yang menurut kalian lebih mudah untuk dipahami.
Perkalian Aplikasi Belajar Berhitung Math Step by Step
Perkalian

Dan seperti yang aku singgung di bagian awal, pada aplikasi Math Step by Step ternyata juga menggunakan tong songot. Hehe. 
Pembagian Aplikasi Belajar Berhitung Math Step by Step
Begini penampakan cara tong songot yang aku maksud

Gambar di bawah menunjukkan cara penyelesaian yang berbeda dengan soal yang sama.
Pembagian Aplikasi Belajar Berhitung Math Step by Step
Penyelesaian pembagian cara 2 dan 3

Catatan mengenai aplikasi Math Step by Step:

  • Cocok untuk anak SD yang baru belajar perhitungan.
  • Selain mejawab soal dari aplikasi, user juga bisa berlatih dengan membuat soal sendiri.
  • Ada sorak-sorai serta tepuk tangan, ketika user berhasil menyelesaikan soal. Menurutku ini cukup bisa menyemangati. (Kalau aku aja senang mendengarnya, apalagi anak kecil. Hehe).
  • Untuk ukuran iklan yang nampak, sebenarnya tidak menjadi soal (hanya ukuran kecil di bagian atas). Yang sedikit mengganggu adalah iklan yang ditampilkan. Sesekali muncul iklan dewasa. Ya, meskipun kayaknya itu jarang, tapi untuk antisipasi, alangkah lebih baiknya me-non aktifkan paketan data, saat anak atau adik-adik kita menggunakan aplikasi ini.


Overall, aplikasi math step by step sukses mewujudkan kemudahan bagi anak-anak dalam belajar perhitungan matematika (pengurangan, penambahan, perkalian, dan pembagian).

Selamat belajar!

1 comment:

  1. aih.. asli lah.. setelah aplikasi yang bisa ngasih jawaban dari rumus matematika dengan hanya dipindai aja (lupa nama aplikasinya apa), sekarang ada math step by step.. wah, emang teknologi sbnrnya semakin mempermudah anak sekarang buat belajar ya..

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.