[App] Aplikasi Belajar Alquran

Waktu zaman masih kecil, buku iqra’ menjadi teman setia dalam belajar membaca Alquran. Buku itu ada 6 jilid. Ketika sudah menamatkan keenam jilidnya, baru deh beralih ke kitab Alquran. Kalau tidak salah ingat, aku mulai bisa membaca Alquran pada kelas 1 SD. Dan moment yang paling ditunggu bagi seorang anak, tidak terkucuali aku, pada saat itu adalah menghatamkan Alquran untuk pertama kalinya.

Sungguh moment itu menghadirkan kebahagian yang tak terkira. Karena pada saat sudah menghatamkan Alquran, biasanya orang tua akan menyediakan perayaan kecil-kecilan dengan membagikan makanan pada teman sepengajian alias satu langgar. Kalau orang Madura sih, bilangnya “rasolan”. Jadi, kalau sudah dapat kabar ada yang ngadain rasolan, maka anak-anak akan sangat antusias pergi ke langgar pada hari itu. Ah, namanya juga anak kecil, hehe.

Itu sedikit cerita masa kecilku kala mempelajari Alquran. Kalau sekarang sih, zamannya sudah berbeda, ya. Kemajuan teknologi menjadikan segalanya serba mudah. Dan salah satu kemudah yang ada yaitu belajar Alquran dengan menggunakan aplikasi. Nah, beberapa hari yang lalu, aku menemukan aplikasi belajar Alquran di play store. Nama aplikasinya “Belajar Alquran.”

Dan setelah menggunakan aplikasinya, inilah yang bisa aku ceritakan.
Aplikasi belajar Alquran memiliki dua menu. Pertama, menu belajar di mana berisi beberpa materi yang gambarkan dengan ikon “play”. Kedua, menu untuk melatih kemampuan dengan ikon serupa stick PS. Oya, dalam aplikasi ini, sudah ada audio cara pengucapannya.
Review Aplikasi Belajar Alquran

Pada ikon “play”, terdapat menu lain yaitu hijaiyah, harokat, tanwin dan tajwid. Pada hijaiyah, user akan disuguhkan huruf-huruh hijaiyah. Ada dua jenis tampilan yang ditawarkan. Silahkan dipilih sesuai selera.
Review Aplikasi Belajar Alquran - hijaiyah

Beralih ke menu harokat, yang terdiri dari fat’kha, kasroh, dumma, serta sukun dan tasydid. Pada setiap harokat, setelah menampilkan contoh dari semua huruf hijaiyah, aplikasi belajar Alquran menyediakan latihan. Nah, khusus latihan ini tidak disertai audio pengucapan. Dan berikut salah satu tampilan pada harokat.
Review Aplikasi Belajar Alquran - harokat

Huruf hijaiyah dan harokat sudah, maka selanjutnya user akan diajak belajar tentang tanwin. Hayoo, ada berapa tanwin? #ceritanyangetesneh, hehe. Di menu tanwin ada fat’khatain, kasrohtain, dan dummatain. Untuk format penyajiannya sama seperti menu harokat yang sudah diceritakan.

Dan yang terakhir untuk materi yang ada pada aplikasi belajar Alquran ini adalah tajwid. Ada 5 tajwid yang bisa dipelajari, yaitu idzhar, idghom bighunnah, idghom bilaghunnah, iqlab dan ikhfa’. Dan formatnya masih sama dengan menu sebelumnya.
Review Aplikasi Belajar Alquran - tajwid

Untuk ringkasnya menu aplikasi belajar Alquran yang berisi materi ini, bisa dilihat pada gambar berikut.
Review Aplikasi Belajar Alquran

Nah, kalau sudah menguasai materi, saatnya melatih kemampuan. Ada Memori hijaiyah menyediakan game yang mencocokkan huruf di balik gambar tanda tanya. User bisa memilih berapa format gambar yang akan digunakan, bisa 2x2, 2x3, 2x4, 2x5, 3x4 dan 3x6. Ada juga quiz hijaiyah, di mana user harus menebak atau  memilih satu dari 4 huruf hijaiyah yang ditampilkan sesuai dengan bunyi suara. Dan untuk quiz harokat serta tajwid, formatnya sama dengan tebak hijaiyah.

Bagaimana, tertarik menggunakan aplikasi belajar Alquran? Bisa jadi teman belajar neh buat anak, ponakan atau anak tetangga juga boleh dalam mempelajari Alquran. Meskipun jujur sih, aku lebih senang merekomendasikan ini sebagai pendamping saja. Karena anak belajar mengaji di TPA/TPQ merupakan cara bagi mereka untuk bisa bersosialisai dengan teman sebayanya. Dan mereka akan tahu bagaimana bahagianya beralih dari iqra’ ke Alquran. Setidaknya itulah yang aku rasakan dulu waktu kecil.

Catatan menganai “Aplikasi belajar Alquran”:
-      Tersedia dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris.
-      Setiap meng-klik tombol return atau tanda panah kembali, selalu muncul iklan. Untuk mensiasati agar iklan tidak tampil, matikan paketan data ketika menggunakan aplikasi ini.
-      Mengingat target user dari aplikasi ini adalah anak-anak, aku rasa konsep tampilannya sangat cocok. Selain itu, backsound-nya juga mendukung. Dan yang tak kalah penting, ada ucapan selamat seperti: benar atau tepat sekali, ketika jawaban user benar. Ini seperti bentuk penghargaan. Namun sebaliknya, ketika menjawab salah, maka akan keluar ucapan ups.
-      Terakhir, inilah pesan yang muncul ketika user hendak keluar dari aplikasi.

5 comments:

  1. saya lagi ajarin anak Iqra Mba agak sulit pake manual ngajarinnya penuh dengan tangis dan air mata jadi yang diajarinyya juga ga ikhlas kayaknya saya mesti download deh aplikasi ini, saya uda coba cara ngajar menyenangkan namun tetap outputnya drama tangisan sepanjang belajar IQRA. sudah gantian dengan suami tetap saja ga berhasil.
    Sempat kepikiran cari aplikasi tapi menguap lagi akhirnya baca postingan mba jd pengen coba siapa tahu tiada tangisan lagi pas belajar. Many Thanks Mba :) nanti saya update y klo anak saya sukses pake aplikasi ini *pamer* hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga anaknya senang ya, Mbak, belajar dengan aplikasi ini :)

      Delete
  2. Terima kasih infonya. Saya coba buka untuk ajari anak baca Al quran.

    ReplyDelete
  3. wah baru tahu aku ini, apklikasi yg berguna sekali

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.