[App] Review Aplikasi Langit Musik: Streaming Lagu Bebas Kuota

Musik adalah hiasan dalam kehidupan kita. Ia bisa menjadi penyemarak momen. Contohnya saja ketika ada hajatan manten, maka yang biasa kita dengar lagu Barakallah dari Maher Zain. Sedangkan kalau di film/drama musik bisa memberikan efek lebih pada adegan, baik rasa tegang, sedih, bahagia, ataupun romantis.

Musik juga bisa menjadi penyampai rasa yang terdalam. Maka jika ingin tahu suasana hati seseorang, tebaklah dari lagu yang sedang ia dengarkan. Apakah ia sedang jatuh cinta, patah hati, memedam rindu, atau semacamnya.

Lalu, lagu apa yang mewakili perasaanku saat ini?
Jawabannya, “I’m Going to the Army/I Join the Army.” Sebagai Airen yang sedang ditinggal bias menjalankan wajib militer, lagu tersebut benar-benar mewakili perasaan. Hiks.

Lirik lagunya menceritakan tentang ungkapan hati seseorang yang meninggalkan orang-orang terkasih karena harus pergi wamil. Btw, adakah yang tahu siapa penyanyi Korea yang membawakan lagu di atas? Yaps, Lee Seung Gi. Dialah biasku. Pujaan hati yang sedang dirindukan oleh Airen.
lee seung gi, seung gi, i'm going to the army, i join the army

Lagu lain yang merupakan gambaran suasana hatiku saat ini adalah “Ada Cinta” dari Acha Septiasa feat Irwansyah. Please, jangan tanya alasannya kenapa!  >_<

Kalau boleh tahu, lagu apa yang menjadi musiknya hidup kamu saat ini?

Eih, berbicara tentang lagu nih pasti ada sangkut pautnya dengan aplikasi musik yang digunakan, bukan? Ehm, adakah teman-teman yang kepo dengan aplikasi yang biasa aku gunakan? Kepo  sajalah, biar aku bisa cerita. LoL.

Aplikasi yang aku gunakan untuk mendengarkan lagu secara LEGAL adalah Langit Musik. Eits, aku memang sengaja meng-caps lock kata LEGAL. Selama ini mungkin di antara kita (termasuk yang nulis) masih mendengarkan lagu dari hasil download di internet. Iya gak? Padahal, jika melakukannya kita termasuk yang mendukung pembajakan dan itu termasuk tindakan ilegal. Makanya, untuk menghindari mendengar lagu secara ilegal sekarang aku menggunakan aplikasi Langit Musik.

Di antara banyak aplikasi, kenapa pilih Langit Musik?
Karena di Langit Musik aku bisa streaming lagu sepuasnya GRATIS tanpa takut kuota jebol a.k.a BEBAS KUOTA.

Gratis? Semuanya?
Iya. Hampir keseluruhan lagu yang ada di Langit Musik memang gratis. Tapi, untuk mendengarkan beberapa lagu baru, teman-teman harus menjadi premium user terlebih dahulu.

Apa perbedaan jadi free user sama premium user?
Secara keseluruhan, fitur untuk free dan premium user sama kecuali dua hal, yakni akses ke semua lagu dan bisa mendengarkan lagu secara offline. Itulah 2 fitur tambahan yang didapat ketika meng-upgrade free user menjadi premium user.

Ehm, bisa tolong jelaskan lebih detail mengenai fitur-fiturnya?
Dengan senang hati. Silahkan siapkan camilan karena aku akan mengupasnya secara tuntas. :p

Baiklah, berikut layanan atau fitur yang bisa dinikmati dalam aplikasi Langit Musik:
1. Pencarian Lagu yang Mudah
Untuk menemukan lagu favorit, kamu hanya perlu mengetikkan nama penyanyi atau judul lagunya di kotak Cari. Lagunya apa saja? BANYAK. Mulai dari yang jadul sampai kekiniaan, mau lagu Indonesia atau international. Selain itu, kamu juga bisa menemukan rekomendasi lagu di menu jelajah. Lagunya bisa berdasarkan artis favorit atau lagu yang sudah kamu dengarkan.
cari lagu di langit musik
Pencarian lagu di langit musik

2. Buat “Daftar Putar” di Fitur Laguku
Dengan fitur Laguku ini, kamu bisa membuat “daftar putar” lagu pilihan yang disesuaikan dengan mood atau kisah hidupmu. Misal buat daftar putar lagu kenangan, semagat, penghilang boring, atau ost drama/film favorit. Daftar putar tersebut bisa di-setting  umum atau privat dengan mengaktifkan “buat lebih privasi”. Jika untuk umum, maka orang lain bisa mengetahui dan mem-follow daftar putar lagumu.
daftar lagu langit musik, playlist
Buat daftar putar di fitur laguku

3. Tersedia Lirik Lagu
Ingin ikut bernyanyi saat memainkan lagu, tapi tidak hafal liriknya? Tenang, di aplikasi Langit Musik sudah tersedia lirik lagunya.
larik lagu di langit musik

4. Fitur Trending
Kalau penasaran dengan lagu yang lagi nge-trend di berbagai daerah Indonesia, silahkan intip di fitur trending. Berikut contoh penampakan trending musik untuk kawasan Jawa Timur.
Trending lagu di kawasan Jawa Timur

5. Fitur #TagStation
Pernah mendengarkan radio? Sering, tapi dulu. Kira-kira apa bedanya mendengarkan lagu di daftar putar/playlist sendiri dengan di radio? Yaps, kalau di playlist sendiri, kita sudah tahu lagu apa yang akan diputar selanjutnya, sedangkan di radio tidak. Begitulah gambaran dari fitur #TagStation  Langit Musik, serasa mendengarkan lagu di radio. Di fitur #TagStation hanya perlu menentukan tema lagu yang ingin didengar sesuai dengan musiknya hidup kamu, maka kamu akan disuguhkan lagu tanpa diberi bocoran daftar lagu berikutnya.
Dengerin Lagu serasa di radio di fitur #Tagstation

6. Info dan Follow Penyanyi
Kamu bisa mem-follow penyanyi favoritmu. Caranya tinggal mengetikkan nama penyanyi yang kamu cari di fitur jelajah. Nantinya akan muncul koleksi lagu serta info perjalanan karir penyanyi tersebut. Kamu bisa mem-follow-nya dengan menyentuh tanda +. Jika tanda + sudah berganti dengan tanda cek, berarti kamu sudah mem-follow penyanyi yang bersangkutan.

7. Fitur Pemberitahuan
Nah, jika sudah men-follow penyanyi favorit, kamu akan mendapatkan pemberitahuan lagu apa yang mereka dengarkan. Selain dari itu, kamu juga akan mendapat pemberithuan dari lagu teman yang sudah kamu follow.

8. Mendengarkan Musik sambil Mengerjakan Aktivitas Lain
Ingin melakukan aktivitas lain di saat mendengarkan musik? Tak perlu khawatir, di Langit Musik kamu bisa mewujudkan itu. Kalau dari hpku sih, ketika menekan tombol sebelah kiri menandakan aku keluar dari aplikasi, sedangkan jika menekan tombol tengah berarti aku me-minimize aplikasi tersebut. Nah, selama di minimize itulah aku bisa mendengarkan musik sambil mengerjakan hal lainya, seperti sms-an atau semacamnya.

9. Mendengarkan Lagu secara Offline 
Ingin mendengarkan lagu di Langit Musik, tapi tidak bisa online karena sedang berada di tempat yang minim sinyal? Sebelum itu terjadi, puas-puasin download lagu kesayanganmu dulu baru pergi ke tempat yang sinyalnya gak mau muncul. Hihi. Karena di Langit Musik, kamu masih bisa mendengarkan lagu secara offline dengan syarat meng-upgrade free user menjadi premium user.
Mendengarkan lagu secara offline

Itulah 9 fitur yang bisa kamu nikmati di aplikasi Langit Musik.

Btw, bagaimana cara menjadi user aplikasi Langit Musik?
Gampang, untuk menjadi user aplikasi Langit Musik, kamu hanya perlu memiliki nomor telkomsel.

Lalu, bagaimana cara upgrade free user menjadi premium user?
Kalau dari aplikasinya sendiri, kamu akan mendapatkan notice upgrade ketika hendak mendengarkan lagu eksklusif (premium). Atau bisa juga dengan mengetikkan “NEWLM” untuk langganan selama 30 hari atau “NEWLM7” untuk langganan 7 hari, lalu kirim ke 96161. Biayanya 22.000/30 hari dan 6600/7 hari.
Upgrade free user menjadi premium user

Masih ada pertanyaan lain?
Tidak ada.
Yakin? Okelah kalau begitu. Selain informasi di atas, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai aplikasi Langit Musik.  Mungkin hal ini bisa sekaligus sebagai bahan masukan untuk developer. Dan berikut detailnya:

1). Meskipun kebanyakan lagu sudah ada liriknya, namun sayang ada beberapa yang tidak ada. Dan ini justru aku temukan di lagu “Lee Seung Gi” penyanyi kesayangan. Contohnya saja di lagu I Join the Army (lihat screenshoot pertama).

2). Untuk mendengarkan lagu lain (meski masih satu album), harus melakukan tambahkan ke daftar antrian. Terus terang, buat aku sendiri ini agak repot. Alangkah lebih baik jika diberi fitur check list (tanda centang) atau opsi mainkan semua lagu dalam album tersebut.

3). Untuk lagu yang sudah di-download memang bisa kamu dengarkan secara offline. Namun sayang, jika kamu mengganti toogle ke online mode, otomatis lagu yang ter-download akan hilang. Alangkah lebih baik jika ini diganti dengan fitur pembelian lagu yang berlaku baik bagi free maupun premium user. Jadi, kalau lagu tersebut sudah terbeli, user sudah memiliki hak lagu dan bisa mendengar secara offline. Meski nantinya menghidupkan online mode, lagu yang sudah di-download tidak hilang.

Sekian yang bisa aku bagi mengenai aplikasi “Langit Musik” yang biasa aku gunakan untuk streaming lagu bebas kuota. Bagaimana, berminat untuk beralih mendengarkan musik secara legal? Cus, langsung download aplikasinya di play store

3 comments:

  1. Ada Cinta - nya Acha dan Irwansyah itu liriknya puitis dan daleemmm banget ya Mba.. "Mengapa sulit mengaku cinta, padahal dia terasa.. " kurang lebih gitu kan liriknya?

    Hayooo..lagi memendam rasa sama siapa? Haha..

    Aku kalo lagu-lagu korea ngga begitu suka.. Entahlah..apa aku belum meresapi benar drama dan lagunya yaa..

    Anyway, good luck for this competition ya Mba.. :)

    ReplyDelete
  2. Oh baru tahu kalo bisa dengerin offline.. Tapi kudu pake telkomsel ya... Hmmm... *mikir sejenak wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Aplikasi langit musik duper bersahabat untuk kuota bro

    ReplyDelete

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.