[Apps] 7 Aplikasi Bilangan Komputer (Biner, Desimal, Oktal, dan Heksadesimal) di Android

Percaya gak kalau deret berikut 110 aku nyatakan sebagai angka 6? Kalau yang percaya, berarti teman-teman mengerti tentang angka biner. Sedangkan yang tidak percaya, santai saja. Aku tidak akan maksa, kok. :P

Btw, apa itu angka biner?
Angka biner itu merupakan bilangan berbasis 2, yakni 1 dan 0. Contohnya seperti deret yang aku tulis di atas.

Di dunia komputer kita mengenal 4 sistem bilangan, yakni biner, desimal, oktal, dan heksadesimal. Untuk mengetahui lebih kajut mengenai keempat bilangan tersebut, silahkan baca di sini.

Nah, sekarang aku akan mengulas aplikasi android yang berkaitan dengan bilangan komputer, baik sebagai conventer atau kalkulator. Let’s chek it out!

Number System Converter by Soft Brains (last update 13 Agustus 2014)
Di tampilan pertama aplikasi Number System Converter, pengguna diminta memilih tipe data masukkan (decimal, binary, octal, dan hexa decimal). Jika kita memilih tipe biner, tapi mengisinya dengan angka desimal, maka pada keluaran akan terdapat keterangan invalid int.
number system converter, angka biner, dsimal, oktal, heksadecimal

Catatan: mungkin akan lebih baik jika tidak ada pemilihan menu di awal tampilan. Jadi, pengguna langsung bisa memasukkan angka pada tipe data yang diinginkan. Dan otomatis tipe lain men-convert-nya.

Binary Converter by dgs (last update 6 Maret 2017)
Cara menggunakan aplikasi Binary converter, pengguna tinggal memasukkan angka yang ingin di-convert. Kemudian memilih tipe data dari angka masukan tersebut. Selanjutnya memilih tipe data keluaran yang diinginkan. Satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini hanyalah hasil convert bisa disalin.
binary converter, decimal, octal, hexa decimal, aplikasi android, app

Binary Hex Converter by Deve (last update 13 Desember 2015)
Nah, ini nih aplikasi yang aku maksud di catatan sebelumnya. Menurutku, aplikasi Binary Hex Converter sangat-sangat nyaman dipakai. Pengguna bisa memasukkan angka di tipe mana saja yang ingin dijadikan masukan. Maka, otomatis tipe lain akan memperlihatkan hasil convert-nya. Dan di samping kiri, disediakan tombol untuk menyalin.
binary hex converter, aplikasi, android, app

Hex, Dec, Oct, Bin Base Converter by Vinit (last update 8 November 2015)
Ini nih, aplikasi terkomplit dibandingkan dengan tiga aplikasi yang sudah diceritakan. Pada aplikasi Hex, Dec, Oct, Bin Base Converter, pengguna bisa memilih base mulai dari terkecil 2 (binary) sampai terbesar base 16 (hexadecimal). Di layar sudah tersedia angka 0-1 dan huruf A-F. Angka dan huruf tersebut akan berlatar hitam disesuaikan dengan base yang digunakan. Kalau berlatar abu-abu, itu berarti angka maupun huruf tersebut bukan bagian dari base yang dipilih.
number base converter, binary, biner, aplikasi, bilangan komputer

Bilangan Biner Kalkulator by EuroHardware24.eu (last update 6 Juli 2016)
Seperti namanya, aplikasi ini berguna dalam mengoperasikan bilangan biner, baik tambah, kurang, kali, maupun bagi.
kalkulator bilangan biner, komputer, app

Binary Calculator by Neuris Technologies (last update 30 Maret 2017)
Selain kalkulator, aplikasi ini juga otomatis meng-convert angka masukan menjadi tipe lain. Operasi kalkulatarnya sangat kompleks, tidak hanya tambah, kurang, kali, dan bagi saja. Melainkan juga operasi logika (or, and, not, xor), serta mod.
binary calculator, app, kalkulator, bilangan, angka komputer

Sudah disedikan angka dan huruf masukan yang otomatis aktif atau mati sendiri sesuai dengan tipe data yang dipilih. Di menu preference, kita bisa menyetel base, panjang bits, ukuran teks keypad, dan kalau suka nih nyalakan bunyi serta vibrasi ketika keypad dipencet.

Programmers Calculator Binary by BrownDwarf (last update 21 November 2016)
Aplikasi terakhir yang akan dibahas ini merupakan paling kompleks di antara 6 aplikasi sebelumnya. Untuk memilih angka masukan hex, dec, oct, atau bin, pengguna bisa langsung memilih dengan sekali sentuh pada tipe data yang diinginkan. Dan secara otomatis angka maupun huruf di layar akan aktif sesuai dengan tipe yang dipilih.
calculator binary, decimal, octal, hexadecimal, app, android

Selain itu, pengguna bisa memilih mode layar, yakni integer mode, floating point mode, dan fullscreen. Jika memilih mode yang terakhir, maka operasi yang tersedia sama seperti aplikasi binary kalkulator. Dan yang tidak kalah kerennya nih, aplikasi Programmers Calculator Binary menyediakan tutorial bagaimana meng-convert dari tipe data baik dari binary ke dec atau hexa atau sebaliknya.

Oya, jika menekan baris BIN agak lama, kita akan disuguhkan convert binary yang akan lebih mudah dimengerti dengan menampilkan pangkatnya.

Itulah 7 aplikasi yang bisa aku rekomendasikan mengenai angka atau bilangan komputer baik converter maupun kalkulator. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.