[App]12 Aplikasi Notes di Android dengan Ukuran Kurang dari 2MB

Kalian suka mencatat hal-hal penting di hp? Ehm, kalau aku sendiri sebenarnya jarang melakukannya. Meski dulu pernah memasang aplikasi note untuk android, tapi aku menggunakannya tidak lama karena lebih enak langsung mengetik di laptop.

Tapi, ada kalanya aku bingung sendiri ketika mau menyimpan catatan pendek atau link dari situs tertentu. Dan dengan terpaksa aku pakai aplikasi pesan (ya, pura-pura mau ngirim pesan ke no xxx gitulah), nanti kan pesan itu akan tersimpan sebagai draft.

Sejauh ini aku tidak terganggu alias tidak merasa rempong dengan apa yang aku lakukan di atas. Ya, meskipun mungkin untuk sebagian orang itu terkesan tidak lazim. Jadi, ada baiknya memang menggunakan aplikasi note untuk android saja.

Maka dari itu, kali ini aku akan merekomendasikan aplikasi note android dengan catatan penting, yakni berukuran kurang dari 2MB. Tenang, semua aplikasi yang ditulis di sini sudah aku coba semuanya. Jadi, aku bercerita dari pengalaman sendiri yang telah menggunakannya.


Dan berikut 12 aplikasi note di android yang bisa kalian coba.

12. Catatan Penulisan
Informasi aplikasi Catatan Penulisan:
Versi: 0.0.17
Ukuran: 1,51MB
Last update: 27 Juli 2016
Developer: Perfect tools
notes, app, aplikasi, buku, catatan, penulisan
Dari segi tampilan, aplikasi Catatan Penulisan sudah terlihat menarik karena menyediakan banyak warna background dan tersedia dua kolom. Namun sayangnya, fitur penting seperti editing tidak disediakan. Walaupun di deskripsi aplikasinya menyertakan kemampuan bisa mengedit, tapi pas aku coba-coba kok gak bisa. Jadi, setelah catatan dibuat, yang dapat dilakukan hanyalah mengetikkan catatan baru, mengganti warna, dan pilihan hapus.

Sebenarnya wajar sih, dengan minimnya fitur dari aplikasi Catatan Penulisan karena dilihat dari versinya masih baru 0.0.17.

11. Easy Notes (1)
Informasi aplikasi Easy Notes:
Versi: 1.0
Ukuran: 504KB
Last update: 20 Juni 2015
Developer: Mad Dog Labs
notes, app, easy notes

Sesuai dengan namanya, aplikasi Easy Notes memang sangat mudah digunakan. Dan konsekuensi dari kemudahan yang ditawarkan itu adalah minimnya fitur, yakni hanya menyimpan catatan, that’s it. Meski tidak ada pilihan tema background, tapi pada aplikasi ini sudah bisa mengedit catatan yang kita buat. Poin plusnya adalah no ads.

10. Easy Note (2)
Informasi aplikasi Easy Note/Catatan Mudah:
Versi: 1.0
Ukuran: 1,96MB
Last update: 16 April 2016
Developer: Newage Production
aplikasi, catatan
Menurutku, aplikasi Easy Note yang kedua ini (kalau di-search di app menggunakan kata “catatan mudah”) lebih baik dari yang sebelumnya. Karena di sini sudah terdapat judul catatan, tanggal pembuatan serta waktu terakhir catatan itu diedit. Dan sekedar informasi, pada aplikasi sudah terdapat iklan.

9. Notepad (1)
Informasi aplikasi Notepad:
Versi: 1.5
Ukuran: 519KB
Last update: 29 Maret 2016
Developer: Anton Lashkov
app, aplikasi, notepad
Penggunaan notepad juga semudah aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan di atas. Bedanya, di sini pengguna bisa memilih background, yakni gelap (hitam) atau terang (putih). Selain itu, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur share. Poin plusnya lagi, tidak ada tampilan iklan.

8. Notepad (2)
Informasi aplikasi Notepad – Notes and Sticky:
Versi: 2.0
Ukuran: 1,26MB
Last update: 28 November 2014
Developer: SamiDroid
notepad, app, aplikasi

Meskipun namanya sama, tapi aplikasi Notepad ini dibuat oleh dua developer berbeda. Jika Notepad yang sebelumnya hanya menyediakan dua background, kalau yang ini lebih full color, yakni biru, kuning, hijau, dan merah muda.

Untuk ukuran teksnya bisa disesuaikan sesuai selera dari 10-60 dan ini berlaku untuk semua catatan. Misal kalau di catatan 1 kalian menggunakan ukuran teks 20 maka ketika membukan catatan lain, otomatis teksnya akan berukuran sama. Yang membedakan antara satu catatan dengan catatan lainnya hanyalah warna.

Fitur lain yang terdapat pada aplikasi Notepad (2) ini adalah copy to clipboard, share, reminder, audio yang bisa membaca teks yang sudah diketik, serta masih dengan keunggulan tanpa iklan.

7. Sticky Notes
Informasi aplikasi Stiky Notes + Widget memo:
Versi: 3.2.5
Ukuran: 1,01MB
Last update: 4 Juni 2016
Developer: SYM coding
app, sticky, notes, aplikasi

Seperti namanya, aplikasi Sticky Notes bisa dibilang samalah dengan catatan dinding yang mungkin sering kalian tempel di papan kegiatan. pada aplikasi ini pengguna tidak hanya mengetikkan catatan dalam bentuk teks, tapi juga bisa menuliskan langsung dengan fitur pain.

Jika masih kurang puas dengan tema bawaan aplikasinya, pengguna bisa menambahkan tema lain dengan memilih lingkaran (yang bertanda “+” di dalamnya). Memang sih, kita akan diarahkan pada tema sekolah yang berbayar (12rb). Tapi, ada juga kok yang gratis. Dan yang sudah aku coba adalah tema stricker.

Kelemahan dari aplikasi ini, ukuran teks yang terlalu besar dan tidak bisa dirubah. Untuk teks yang diketik bisa diedit, sedangkan yang ditulis (dengan pain) tidak bisa dihapus kecuali menghapus note tersebut.

6. Buku Catatan
Informasi aplikasi buku catatan:
Versi: 1.4.2
Ukuran: 1,66MB
Last update: 1 Juni 2016
Developer: MobilPlug
buku, catatan, aplikasi

Sebenarnya dari segi fitur, aplikasi “buku catatan” bisa dibilang bagus karena sudah menyertarkan record suara. Jika berbicara kelebihan, aplikasi ini menyediakan penyimpanan yang diatur ke dalam beberapa folder, yakni pribadi, pekerjaan, keluarga, dan kajian. Dan untuk tampilan iklan satu layar penuh setiap kali masuk/akan menggunakan aplikasi.

5. Notes
Informasi aplikasi Notes:
Versi: 2.0.9
Ukuran: 1,07MB
Last update: 9 Desember 2016
Developer: Sea.Xiao
notes, app

Pada aplikasi Notes hanya terdapat satu warna background, yakni kuning. Fitur yang disediakan adalah pengguna bisa meng-export catatan yang sudah dibuat dengan format MEMO file. Selain itu juga bisa meng-import file. Untuk yang terakhir aku belum pernah melakukannya, jadi tidak tahu pastinya file format apa saja yang bisa dibaca oleh aplikasi ini.

Jika kalian ingin menjaga privasi catatan, maka bisa menggunakan lock yang berupa pattern/pola. Pengaktifan lock di sini untuk semua catatan bukan satu per satu, ya. Jadi, kalau aplikasinya sudah terkunci, kalian hanya perlu membuka lock saat akan masuk aplikasi saja. Setelahnya, catatan yang sudah dibuat langsung bisa dibuka semua.

4. QuickNote
Informasi aplikasi QuickNote Notepad Notes:
Versi: 1.2.8
Ukuran: 574KB
Last update: 18 Juni 2014
Developer: Xllusion
app, quick note, notepad, notes

3 hal yang bisa dilakukan dengan aplikasi QuickNote, yaitu membuat catatan dengan mengetik, menggambar atau berupa ceklist. Untuk teks yang diketik dan ceklist bisa diedit (hapus-tambah), sedangkan gambar hanya edit menambahkan oretan.

Tambahan untuk gambar kita bisa memilih warna kuas “black, aqua, orange, pink” dan bisa mengubah ukurannya. Aku suka aplikasi ini karena ada fitur backup data dan letak iklannya tidak mengganggu, meskipun tidak disertakan dengan fitur pengamanan.

3. ColorNote
Informasi aplikasi ColorNote Catatan Notepad:
Versi: 3.11.9
Ukuran: 724KB
Last update: 5 Desember 2016
Developer: Notes
color, note, app

Pada aplikasi ColorNote terdapat 9 warna background yang mana kita bisa menampilkan sesuai dengan warnanya. Ya, semacam folder berdasarkan warna gitulah. Selain itu, kita bisa membuat catatan berdasarkan waktu karena sudah tersedia kalender sebagai reminder.

Berbeda dengan aplikasi Notes (nomor 5) yang mana fitur keamanannya berlaku untuk seluruh catatan, di sini kita dapat menentukan catatan mana yang perlu dikunci dan mana yang tidak. Dengan kelebihan yang sudah disebutkan, satu hal paling special, yakni TIDAK ADA IKLAN.

2. Note Everything
Informasi aplikasi Note Everything:
Versi: 4.2.11
Ukuran: 1,02MB
Last update: 18 Oktober 2016
Developer: SoftXperience
notes, app

Simpan teks, gambar, voice, note dari barcode dan google drive serta fitur import/export, itulah yang ditawarkan oleh aplikasi Note Everything. Sejauh ini aku baru mencoba teks, gambar, dan rekaman suara. Untuk pemyimpanan note-nya bisa disesuaikan dengan folder yang mana kita dapat membuat folder sendiri sesuka hati. Meski tidak ada fitur keamanan, tapi TIDAK ADAnya iklan sungguh membuat aplikasi ini nyaman digunakan.

1. Notebook
Informasi aplikasi Notebook with Categories:
Versi: 1.4
Ukuran: 1,02MB
Last update: 27 Mei 2015
Developer: Erminesoft
app, notebook

Aplikasi Notebook menyediakan layanan add attachments file foto dan video atau bisa juga ambil foto serta video langsung dari kamera. Untuk kategori penyimpanannya, pengguna dapat membuatnya sendiri. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak menyediakan fitur share. Sedangkan poin positifnya tetap TIDAK ADA iklan.

Ehm, tidak terasa sudah 12 aplikasi notes nih, yang aku bahas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang sedang mencari aplikasi notes di android.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.