[App] Aplikasi Chatting Catfiz Messenger

catfiz messenger, aplikasi, android, chatting
Nama: Catfiz Messenger
Versi: 2.2.1
Size: 5,57MB
Update terakhir: 28 September 2016
Developer: Duniacatfish Kreatif Media, PT

Banyaknya aplikasi chatting, bukan berarti membuat kita kalap untuk menggunakan semuanya. Ya, bisa dipilah sesuai kebutuhanlah. Kalau untuk aku sendiri, satu hal yang akan membuatku nyaman menggunakan aplikasi tersebut, yakni masih mengedepankan privasi.

Maksud dari privasi di sini, tidak memublikasikan info penting dari diri kita, seperti nomor telepon. Yes, I don’t like revealing my phone number. Apalagi kalau sistem kerjanya, orang lain bisa menghubungi tanpa kita kenal itu siapa, hanya dengan bermodalkan tahu nomor telepon. You must know what the name of app is. Dan, iya, aku tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Beberapa hari lalu, aku membaca sebuah artikel yang membahas aplikasi chatting buatan Indonesia. Salah satu yang dibahas adalah Catfiz Messenger. Yang perlu digaris bawahi, aplikasi Chat catfiz ini tidak akan memublikasikan nomor telepon meskipun cara daftarnya menggunakan hal tersebut. Itu berarti, harus ada persetujuan dulu sebelum pengguna lain menghubungi kita. Ehm, bolehlah dicoba.

Dan berikut hal-hal yang bisa aku ceritakan setelah menggunakan aplikasi Catfiz Messenger.

Cara Daftar
Pengguna bisa mendaftar atau membuat akun Catfiz dengan menggunakan nomor telepon. Hal ini tentu lebih mudah untuk verifikasi akun, yang mana kodenya akan dikirimkan ke nomor telepon pendaftar. Selanjutnya, jika pengguna merasa perlu untuk menyimpan informasi akun, bisa melakukan verifikasi email. Mengenai nomor telepon, pengguna tidak perlu khawatir karena tidak akan terpublikasi.

Sistem Tambah Teman
Untuk menambahkan teman, pengguna bisa menggunakan beberapa cara, yakni dengan NIC atau memindai QR code. Selain itu, bisa juga memasukkan nomor telepon atau @username. Nah, khusus nomor telepon nih, Catfiz akan memberikan rekomendasi teman.
catfiz messenger, aplikasi, android, chatting

Hal ini dikarenakan aplikasi Catfiz Messenger melakukan sinkronisasi kontak di phonebook. Tapi tenang, tetap harus ada persetujuan terlebih dahulu, kok. Jadi, kalau kita merasa tidak mengenalnya, ya, tinggal diabaikan saja permintaan pertemanannya.

Update Status
Untuk update status, formatnya hampir sama seperti aplikasi chatting lain. Pengguna mengganti gambar profil dengan disertai caption. Bedanya, pada Catfiz Messenger ini, pengguna tidak hanya sekedar bisa like, melainkan juga bisa mengomentari langsung status tersebut. Ya, kayak jejaring sosial facebook gitulah. Sedangkan khusus untuk gambar profil itu sendiri, tidak disertai like atau komen.
catfiz messenger, aplikasi, android, chatting

Perbedaan yang paling menonjol dengan aplikasi chatting lain adalah jika pengguna sudah mengganti gambar profil serta caption. Maka, tidak akan ada rekam jejak dari sebelumnya. Karena aplikasi Catfiz Messenger hanya menampilkan satu profil dan caption yang baru tersebut. Ehm, jadi enaklah, tidak memenuhi timeline kalau ada pengguna yang update berkali-kali dalam sehari.

Fitur Chatting
Dalam Messenger Catfiz, pengguna bisa melakukan chatting/percakapan secara pribadi atau sekedar mengomentari status yang dapat dilihat orang lain. Untuk komentar status, kita bisa menggunakan emoticon maupun emoji. Sedangkan pada chatting pribadi, selain dua hal yang disebutkan, juga disertai dengan stikers, berkirim foto, pesan suara serta video.

catfiz messenger, aplikasi, android, chatting

Bagi si penerima, mungkin sedikit terganggu ketika menerima kiriman berkas baik suara atau pun video. Karena itu berarti, harus mengunduh berkas tersebut untuk bisa mendengarkan atau melihatnya. Nah, pada aplikasi Catfiz Messenger ini, pengguna tidak perlu melakukan hal tersebut. Karena berkas audio atau video langsung bisa dimainkan.

Kirim Berkas
Seperti yang sudah diceritakan di atas, mengenai kiriman berkas, pengguna bisa melihat berkas tersebut secara langsung, tanpa harus mengunduhnya. Lalu, bagaimana dengan batasan maksimal ukuran berkas? Tidak usah khawatir, teman-teman bisa berkirim berkas dengan ukuran maksimal 500MB. Tentunya ini menjadi keuntungan tersendiri karena tidak perlu memecah berkas besar menjadi beberapa bagian.

Fitur Fizzlink
Khusus kiriman berkas di atas 150MB, pengguna bisa menggunakan Fizzlink. Terus terang, untuk fitur ini aku belum pernah mencobanya. Jika mengacu pada deskripsi dari pengembang, fitur Fizzlink seperti penyimpanan cloud.
catfiz messenger, aplikasi, android, chatting, fizzlink

Sistem kerjanya, pengguna hanya perlu sekali mengunggah berkas pada fitur Fizzlink. Kemudian, langsung bisa meneruskan kirimannya ke beberapa orang yang berbeda. Selain yang sudah disebutkan, fitur ini juga memiliki kelebihan lain, yakni menyimpan seluruh berkas yang ada dalam percakapan pribadi maupun grup. Jadi, berkas tersebut sudah bisa langsung diteruskan atau dikirim ke pengguna lain.

Catatan tentang aplikasi Catfiz Messenger:
·     Pada saat baru selesai membuat akun, aplikasi Catfiz Messenger mengalami error. Error-nya adalah kembali ke langkah awal seperti meminta nomor telepon dan verifikasi kode. Hal ini dialami olehku dan juga adik.
·         Jumlah maksimal dalam membuat status adalah 500 karakter.
·         Batasan member dalam grup chat sampai mencapai 2000 orang.

Itulah yang bisa aku bagi mengenai aplikasi buatan Arek Suroboyo (jika mengacu alamat dari pengembang) ini. Sangat disayangkan, sepertinya aplikasi Catfiz Messenger masih belum dikenal. Sewaktu aku membicarakan aplikasi ini di grup keluarga, mereka masih enggan menggunakannya dan tetap memilih aplikasi chatting BBM. Padahal, kalau melihat dari segi fitur, Catfiz Messenger bisa dibilang lebih unggulah dibandingkan BBM.

Semoga kedepannya, aplikasi Catfiz Messenger makin diminati. Dan untuk poin pertama pada catatan di atas, tolong diperbaiki, ya. Itu pun kalau pengembangnya baca tulisan ini. Hehe.


Ayo, dukung aplikasi dalam negeri! :D

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungannya. ^_^
Dan mohon maaf untuk komentar yang menyertakan link akan dihapus.